7 Jajanan Khas Maluku Yang Wajib Kamu Coba

Daerah Timur Indonesia khususnya Maluku memiliki berbagai jenis makanan yang terbuat dari sagu. Sagu di campur dengan berbagai rempah – rempah dan di olah sedemikian rupa, hingga menghasilkan jajanan yang rasanya khas dan lezat.

Selain jajanan berbahan dasar sagu, ada juga jajanan lain khas Maluku yang tidak berbahan dasar sagu. Namun, tetap menggunakan rempah – rempah. Jajanan – jajanan ini rasanya sudah pasti bikin sahabat Sporto ketagihan. Berikut adalah jajanan khas Maluku yang sayang jika anda lewatkan dan rasanya engga ada duanya.

1. Roti Kering Kenari

Roti kering Kenari Roti kering kenari adalah salah satu jajanan khas Maluku yang memiliki bentuk seperti roti tawar yang di atasnya di beri cacahan kacang kenari dan gula pasir. Roti kenari memiliki tekstur yang kering dan garing.

Hal ini disebabkan karena, proses memasaknya adalah dengan cara dipanggang. Meski tidak menggunakan bahan pengawet makanan, roti kenari bisa bertahan sampai sebulan. Sehingga roti kenari sangat cocok jika dijadikan sebagai oleh – oleh.

Roti kenari sangat pas dinikmati saat sore hari dan dihidangkan bersama dengan kopi panas. Renyah dari roti dan kenari memberikan sensasi nikmat saat menyantapnya.

2. Sanole

Cemilan sanole terbuat dari tepung sagu yang di campur dengan parutan kelapa dan di dalamnya di isi dengan gula merah (gula aren). Agar terasa gurih sedikit garam ditambahkan ke dalam adonan sanole. Sanole hampir mirip seperti roti dadar gulung.

Warnanya putih kecoklatan yang didalamnya terdapat gula merah yang meleleh. Sehingga kekita di gigit lelehan dari gula merah dan gurih dari kulit sanole lumer di mulut. Sanole biasanya di sebut juga dengan karu – karu oleh masyarakat Maluku.

3. Pisang Asar

Pisang Asar Pisang asar adalah salah satu jajanan khas Maluku yang memiliki cita rasa tersendiri. Hal itu disebabkan karena pisang asar ini berbeda dengan cemilan pisang – pisang yang lain.

Pisang asar di buat dengan cara di panggang atau di asar di dalam oven. Selain itu, pisang yang digunakan untuk membuat pisang asar bukanlah sembarangan pisang. Pisang asar hanya menggunakan pisang raja sebagai bahan utama dari pisang asar. Pisang asar biasanya disajikan bersama dengan teh atau kopi dan dapat dinikmati di pagi hara maupun di sore hari.

4. Kue Sagu atau Bagea

Kue Sagu atau Bagea Jajanan yang satu ini terbuat dari tepung sagu, bentuknya seperti kue pada umumnya, namun teksturnya agak sedikit keras. Masyarakat Maluku ada yang menyebutnya dengan Kue sagu, ada juga yang menyebutnya dengan Bagea.

Karena teksturnya yang agak sedikit keras, bagea baiknya di nikmati bersama dengan teh hangat atau kopi panas. Meskipun agak sedikit keras, bagea menjadi salah satu jajanan favorit bagi masyarakat Maluku. Bagea cocok menjadi oleh-oleh karena mampu bertahan hingga beberapa minggu.

5. Sagu Lempeng

Sagu Lempeng Sagu lempeng adalah cemilan khas Ambon yang di buat dengan cara di bakar dalam cetakan bernama forna yang terbuat dari tanah liat. Dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui bahan dasar dari cemilan ini yaitu tepung sagu.

Cemilan ini memiliki warna agak kecoklatan dan tektusnya sangat keras. Sehingga sebelum di makan, sagu lempeng sebaiknya di rendam atau di celupkan terlebih dahulu ke teh hangat ataupun kopi panas. Hal ini dimaksudkan untuk melunakkan sagu lempeng. Cemilan ini paling banyak di gemari oleh orang dewasa.

Baca Juga:
KKB BCA Tawarkan Promo Bunga Rendah untuk Pembelian Mobil Baru
INFO MARKETING KKB

6. Asida

Asida adalah cemilan khas Maluku yang terbuat dari tepung terigu, gula merah (gula aren), mentega yang telah dicairkan dan bubuk kayu manis yang di campur dengan sedikit kapulaga. Teksturnya sangat lembut dan sedikit kenyal.

Rasa manis dan sedikit gurih membuat cemilan ini cocok dijadikan sebagai menu untuk sarapan dan juga untuk berbuka puasa. Cemilan ini akan semakin nikmat jika disajikan bersama dengan teh hangat.

Asida biasanya banyak di produksi atau mudah ditemukan ketika bulan Ramadhan karena masyarakat Maluku telah menjadikan asida sebagai makanan wajib di bulan puasa. Selain itu, asida juga dihidangkan ketika menjamu tamu di hari raya.

7. Sagu Tumbu

Sagu tumbu adalah jajanan khas Maluku yang biasa disebut Paumido oleh masyarakat Maluku. Seperti namanya, sagu tumbu berbahan dasar tepung sagu yang di campur dengan bahan-bahan lain seperti gula merah dan juga kenari.

Perpaduan dari kenari dan gula merah membuat cita rasa dari sagu tumbu menjadi lebih renyah, gurih dan manis. Proses pembuatannya juga sama dengan namanya, yaitu di tumbuk. Sagu yang sudah di masak kemudian di tumbuk bersama dengan bahan – bahan yang lainnya.

Sagu tumbuk biasanya di buat ketika ada acara – acara perayaan, seperti hari raya atau acara-acara besar lainnya. Karena rasanya enak dan gurih, dengan tekstur yang lembut membuat cemilan sagu tumbuk paling banyak digemari oleh anak-anak.

 

Artikel Asli

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s