Setelah Bekasi, Jalan Tol Tangerang-Merak Bakal Gunakan Aspal dari Limbah Plastik

\Setelah Bekasi, Jalan Tol Tangerang-Merak Bakal Gunakan Aspal dari Limbah Plastik

JAKARTA – Pemerintah telah menerapkan pembangunan jalan dengan komponen bahan aspal dicampur limbah plastik di Bekasi, Jawa Barat. Sebelumnya, jalan dengan komponen yang sama juga telah diaplikasikan di Universitas Udayana, Bali, sepanjang 700 meter.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya berencana menerapkan hal yang sama di beberapa kota besar di Indonesia. Adapun kota-kota yang dimaksud adalah seperti Medan, Surabaya, Makasar hingga Jakarta.

Khusus untuk wilayah Jakarta, nantinya pemerintah akan menggunakan sampah plastik untuk aspal jalan di beberapa titik tol yang ada di Jakarta. Salah satunya adalah jalan tol yang menghubungkan Tangerang menuju Merak.

“Kalau di Jakarta, Tol Tangerang-Merak kita coba. Jadi terus kita lakukan sosialisasi untuk terus dibangun,” ujarnya saat ditemui di Bekasi, Sabtu (16/9).

Selain kota-kota besar lanjut Basuki, pemerintah akan memanfaatkan sampah untuk digunakan dalam pembangunan jalan di seluruh pelosok Indonesia. Namun hal tersebut dibutuhkan waktu yang tidak sebentar karena dibutuhkan alat pencacah plastik yang lebih besar dan banyak.

“Makanya saya mau beli alat pencacah dari SMK untuk mencacah sampah plastik itu, karena kebutuhan kita kan besar,” jelasnya.

Baca juga:

KKB BCA Tawarkan Promo Bunga Rendah untuk Pembelian Mobil Baru
INFO MARKETING KKB

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Pusat Litbang Jalan dan Jembatan Deded P. Syamsudin mengatakan kualitas dari bahan campuran antara aspal dan sampah plastik yang sangat baik. Bahkan kualitas dari jalannya juga tak kalah baik dengan komponen yang sama di negara lain.

“Miriplah. Pokoknya intinya, plastik itu sifatnya modifier. Modifikasi meningkatkan kinerja aspal,” jelasnya.

Artikel Asli

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s