Penjualan mobil bulan Agustus masih kencang

Penjualan mobil bulan Agustus masih kencang

Penjualan bulanan kendaraan roda empat melesat single digit pada Agustus 2017 lalu. Berdasarkan data wholesales (dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan domestik selama Agustus sebesar 96.461 unit, naik 13,1% dari periode bulan juli sebesar 85.217 unit

Secara total, penjualan dalam periode Januari sampai Agustus 2017 sebesar 715.291 unit. Atau naik 3,5% dari periode sama tahun lalu 691.042 unit.

Tahun ini, Gaikindo menargetkan penjualan mobil sebanyak 1,1 juta unit. Alhasil dibutuhkan penjualan sebanyak 384.709 unit dalam empat bulan ke depan sebelum target tercapai.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto mengatakan, kenaikan kemungkinan besar karena hasil penjualan di pameran GIIAS Agustus lalu.

“Daya beli masyarakat masih tetap untuk kendaraan di harga Rp 200 juta ke bawah karena pendapatan per kapita masih sekitar US$ 3.500,” kata Jongkie kepada KONTAN, Sabtu (16/9).

Sedangkan untuk kelas mobil di harga kisaran tersebut pasarnya akan mengecil dengan sendirinya. Alhasil mobil low cost green car (LCGC) dan Low Multi Purpose Vehicle (LPMV) yang masih mendominasi penjualan mobil nasional.

Menanggapi hal tersebut, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Astra Toyota Motor mengatakan ada dua hal yang membuat penjualan naik. Pertama pilihan masyarakat semakin bervariasi dengan hadirnya produk baru pada bulan lalu. Dari Toyota menurutnya penjualan seperti Voxy dan Fortuner TRD yang mendorong penjualan.

“Daya beli masyarakat cukup baik, hanya mereka menunggu waktu dan produk yang tepat,” kata Soerjo kepada KONTAN, Minggu (17/9).

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan penjualan Honda di bulan Agustus 2017 mengalami peningkatan yang didukung oleh kenaikan penjualan dari berbagai produk Honda.

Baca Juga:
KKB BCA Tawarkan Promo Bunga Rendah untuk Pembelian Mobil Baru
INFO MARKETING KKB

“Terutama dari produk – produk yang baru kami luncurkan seperti New Honda Jazz. Kami yakin di bulan-bulan berikutnya penjualan pada semester dua masih tetap menjanjikan dan konsisten,” kata Jonfis akhir pekan lalu.

Secara keseluruhan pada bulan Agustus 2017, Honda mencatat penjualan sebanyak 17.690 unit. Atau meningkat sebesar 39% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 12.677 unit.

Dan dengan peningkatan penjualan di bulan Agustus 2017, Honda telah membukukan penjualan sebesar 123.628 unit sepanjang tahun 2017 di seluruh Indonesia dengan market share sebesar 17%.

Sementara Daihatsu membukukan penjualan 8 bulanan (Januari – Agustus) 2017 mencapai penjualan diler ke pabrik (wholesales) sebesar 124.726 unit. Penjualan Daihatsu naik 7% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu 116.999 unit dan retailsales sentuh angka 119.290 unit, naik 1% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya, yaitu 117.838 unit.

“Kami berharap pencapaian ini akan terus tumbuh dan diiringi oleh peningkatan pelayanan purnajual Daihatsu,” ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa saat lalu.

Artikel Asli

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s