Rebutan Merek, Toyota Kembali Gugat Pemilik Merek ‘Lexus’ Lokal

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya bulan Mei 2017, Toyota Motor Corporation telah melayangkan gugatan terhadap Marzuki Tan selaku pemilik merek Lexus lokal Indonesia. Setelah gugatan tersebut berakhir pada pencabutan oleh Toyota.

Toyota Jidosha Kabushiki Kaisha (Toyota Motor Corporation) baru-baru ini melayangkan gugatan kembali terhadap warna negara Indonesia, Marzuki Tan. Isi gugatan tersebut menyatakan bahwa Toyota merasa keberatan dengan adanya pendaftaran merek Lexus oleh Marzuki.

Gugatan yang diajukan pada Pengadilan Niaga Jakarta Pusat tersebut dipicu karena merek Lexus memiliki kemiripan dengan merek Lexus yang telah dimiliki Toyota terlabih dahulu.

Harry Wirawan, selaku kuasa hukum dari Toyota enggan memberikan tanggapan berkaitan dengan gugatan yang dilayangkan oleh Toyota untuk kedua kalinya tersebut. Berdasarkan infromasi yang diperoleh dari halaman Tribun menyebutkan bahwa gugatan tersebut didasari karena Lexus merek dari Toyota sudah ada di Indonesia lebih dulu, yaitu sejak 25 Mei 1992.

Baca Juga:
KKB BCA Tawarkan Promo Bunga Rendah untuk Pembelian Mobil Baru
INFO MARKETING KKB

Meski telah terdaftar terlebih dahulu, merek tersebut terdaftar pada kelas 3,9,12,18,25,36,37, dan 39 yang mana untuk melindungi produk-produk otomotif, seperti suku cadang beserta perlengkapan lainnya.

Sementara itu, Syarifudin, kuasa hukum Marzuki tidak terima jika merek kliennya tersebut sama dengan Lexus milik Toyota. Syarifudin mengatakan bahwa merek milik Marzuki berada pada kelas 11, sedangkan Lexus dari Toyota tidak ada yang terdaftar pada kelas 11.

Jelas beda, yang didaftarkan merek di kelas yang beda, penggugat tidak punya merek di kelas 11.” kata Syarifudin.

Dipihak Toyota terus beranggapan bahwa Lexus milik Marzuki memiliki persamaan dalam penamaan, baik dalam pengucapan, tulisan maupun bunyi. Penulisan terdiri dari lima huruf (L-E-X-U-S), yang sama persis dengan milik Toyota.

Selain itu, Toyota juga mengaku sebagai pemilik merek eksklusif Lexus di Indonesia dan bahkan Lexus dari Toyota sudah dikenal dengan klasifikasi mobil mewah di pasar Amerika Serikat, Argentina, Swiss, China dan di beberapa negara di Eropa.

Dengan demikian pihak Toyota mengklaim bahwa Marzuki memiliki tujuan untuk numpang tenar dengan mendaftarkan merek Lexus tersebut.

Meski banyak alasan dan klaim dari Toyota, Syarifudin mengaku bahwa permohonan mengajukan merek bisa dikabulkan apabila kelasnya berbeda jika didasarkan pada Peraturan Mahkamah Agung.

Artikel Asli

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s