Inilah Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Yuk Cari Tau Gimana Tips Aman Berkendara Saat Hujan
Ilustrasi berkendara saat hujan@sinarharapan

MALANGTODAY.NET– Musim hujan telah tiba. Buat kamu yang punya mobilitas tinggi atau hampir setiap saat menyusuri jalanan kota menggunakan sepeda motor, wajib hukumnya untuk waspada saat hujan. Berteduh terlebih dahulu bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, kalau memang harus tetap melanjutkan perjalanan. Berikut tips aman berkendara saat hujan.

Pastikan fokus dan penuh konsentrasi

Syarat mutlak yang harus dimiliki oleh para pengendara yaitu fokus dan konsentrasi. Hujan dapat mengurangi konsentrasi karena mengaburkan pandangan, tubuh kedinginan, dan jalanan licin. Hal inilah yang membuat pikiran harus lebih konsentrasi. Kalau tubuh sedang tidak atau kurang fit, usahakan tidak berkendara saat hujan. Sebab akan sangat berbahaya baik bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Cek kondisi kendaraan termasuk ban, rem, dan lampu

Selain mengecek kondisi diri sendiri, kondisi kendaraan juga harus diperhatikan. Ada tiga bagian utama dari motor yang wajib dicek. Yang pertama yaitu ban. Teliti bahwa ban tidak dalam keadaan gundul. Sebab, ban yang gundul bisa menyebabkan slip saat mengendarainya.

Kedua yaitu rem. Pada saat jalanan diterpa hujan, rem akan sulit mencengkeram ban dengan cepat. Dengan kata lain, waktu yang dibutuhkan untuk mengerem akan lebih lama dari biasanya. Untuk itu, menambah jarak aman dengan kendaraan lain juga harus diperhatikan.

Terakhir ada lampu. Hujan akan mengahalangi pandangan pengendara. Oleh karena itu batuan dari lampu kendaraan akan sangat berguna. Namun, ketika hujan deras, pandangan dari lampu pun juga sedikit kabur sehingga harus tetap berhati-hati.

Kenakan mantel celana dan jaket, hindari mantel ponco

Kenapa menghindari mantel ponco? Karena mantel ponco rawan terbuka dan seakan seperti berkibar saat diterpa angin kala hujan. Hal ini membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Selain menghalangi pandangan di spion, tubuh juga tidak sepenuhnya terlindung dari air hujan.

Pelan asal selamat

Kecepatan berkendara harus dikurangi karena jalanan yang licin. Jalanan licin bisa memunculkan potensi slip saat berkendara. Fungsi rem pun tidak semaksimal ketika jalanan kering.

Amankan barang bawaan

Siapkan juga mantel atau pelindung untuk barang bawaan. Saat ini sudah banyak tas yang sudah dilengkapi mantel hujan untuk melindungi barang-barangmu.

Hindari genangan air

Kalau kita sudah kenal betul dengan medan jalan yang dilewati, kemungkinan besar kita hafal dimana letak jalan berlubangnya, baik dangkal maupun dalam. Kalau tidak hafal medan jalan, tetap waspada akan lubang dan hindari sebisa mungkin. Sebab ketika sudah tertutup air, kita tidak tahu seberapa dalam genangan tersebut.

Artikel Asli

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s