Tips Menjawab Pertanyaan ‘Menjebak’ Saat Wawancara Kerja

Tips Menjawab Pertanyaan 'Menjebak' Saat Wawancara Kerja
bisa banget untuk dilakukan buat kamu yang ingin wawancara kerja

FAMOUS.ID- Pertanyaan yang paling umum saat wawancara kerja adalah kekurangan yang dimiliki. Alasan di balik pertanyaan itu sebenarnya sangat berguna untuk mengungkap secara sekilas kepribadian calon karyawan. Tapi kamu perlu berhati-hati supaya nggak memberikan kesan buruk yang berujung nggak diterimanya kerja. Berikut tips yang bisa membantu kamu menjawab pertanyaan ‘menjebak’ saat wawancara kerja itu dengan baik.

1. Hindari Jawaban yang Umum

Jawaban seperti “terlalu perfeksionis/ workaholic” lebih baik dihindari. Selain terlihat terlalu umum, para perekrut akan melihat kamu seolah sedang mengelak untuk membuka diri. Jawaban yang umum juga terkesan kurang kuat sehingga perekrut bisa meragukan kemampuan kamu untuk menganalisa diri.

2. Jujur

Pertanyaan ini memang membutuhkan pemikiran yang dalam. Mungkin kamu perlu merenung untuk menemukan jawabannya. Pelajari diri kamu dan temukan apa kelemahan ketika bekerja. Pilih mana yang bisa kamu ambil untuk dijadikan sebagai jawaban saat wawancara. Kalau mengutarakan kelemahan yang saat ini ingin kamu hilangkan, kamu akan terdengar lebih jujur dan nggak dibuat-buat

3. Berusaha Menghilangkan Kelemahan

Selalu berikan penjelasan mengenai apa yang sudah kamu lakukan untuk menghilangkan kelemahan tersebut. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kalau kamu proaktif dan pandai untuk mengatasinya meskipun memiliki kelemahan tersebut. Bahkan, usaha kamu untuk menaklukkan kelemahan bisa dilihat sebagai sebuah kelebihan.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat mendapat pertanyaan menjebak saat wawancara kerja. Kamu juga bisa simak tips supaya bisa mendatangi wawancara kerja tanpa grogi di video yang ada di halaman ini Famous People. Selamat mencoba!(non)

Artikel Asli

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s