3 Jurus Pamungkas Avanza Melawan Gempuran Xpander dan Confero

Toyota Avanza
Toyota Avanza kini mendapat dua pesaing baru di kelas low MPV (Multi Purpose Vehicle). Dia adalah Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.
Namun, bila mengacu dari data distribusi pabrik ke diler (wholesales) tak ada tanda penurunan Toyota Avanza. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan distribusi low MPV itu sepanjang September 8.083 unit, atau terkoreksi 729 unit dibandingkan periode tahun lalu.
Sementara sepanjang Januari hingga September, angka wholesales-nya sebesar 90.010 unit, atau turun 1.269 unit. Meskipun secara keseluruhan, Toyota Avanza masih menjadi yang paling tinggi dalam urusan angka wholesales.
PT Toyota-Astra Motor (TAM) sendiri masih optimistis dengan Avanza, yang selalu memimpin di kelasnya sejak tahun 2004 hingga tahun lalu.
Menurut Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto, ada tiga hal yang masih menjadi pertimbangan utama konsumen untuk membeli Toyota Avanza.
Pertama, kata Soerjopranoto, adalah soal harga jual kembali Toyota Avanza yang selama ini dikenal relatif stabil.
“Toyota Avanza itu dari dulu sudah terbukti dari 12 tahun yang lalu. Dia itu, bahkan bisa satu-satunya yang kalau dibeli dan dijual (justru) untung cuma Avanza. Beli (waktu itu) Rp 96 juta dijual bisa Rp 102 juta,” papar Soerjopranoto kepada kumparan , Senin (16/10).
Kedua, yang menjadi kekuatan Toyota dalam menjual Avanza adalah dukungan layanan purnajual yang luas. Saat ini, dia mengungkap bahwa jenama Jepang itu memiliki 30 jaringan diler yang tersebar di seluruh Indonesia.
Sementara yang ketiga, adalah kemampuan Toyota Avanza yang menitikberatkan kepada fungsionalitas. Artinya, konsumen yang membeli mobil di kelas ini adalah mereka yang mencari mobil untuk berbagai kebutuhan.
“Kedatangan dua merek baru, memang kami sudah mengestimasi dan akan masuk ke beberapa segmen konsumen, misalnya Mitsubishi Xpander lebih ke stylist, Avanza lebih ke arah fungsional gitu. Jadi Mobilio dan Xpander itu satu grup konsumen, yang ingin cari stylist look,” imbuhnya.
Sedangkan Wuling Confero, bukanlah lawan Toyota Avanza. Sebab, mobil China itu secara harga lebih berkompetisi dengan Calya dan Sigra.
Toyota Avanza
“Avanza cukup aman. Ada pengaruhnya karena ada konsumen yang sudah suka dengan emosional lihat desain, maka akan lari ke situ (Xpander). Namun bagi konsumen untuk fleet seperti perusahaan rental, mereka masih memperthankan Avanza sebagai pilihan,” tuntas dia.

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s