Penyebab Utama Buruknya Lalu Lintas Paling Umum


Lalu Lintas
Kondisi lalu lintas di Mampang Prapatan (Foto: Amos Arya)

JAKARTA – Kemacetan, pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan diyakini 90 persen akibat ulah para pengguna jalan raya.

Berbagai masalah lalu lintas tersebut pasti sudah umum ditemui di jalanan kota-kota besar di Indonesia. Polda Metro Jaya sendiri mengakui masih kesulitan untuk menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah lalu lintas tersebut.

Kombes Pol Halim Panggara selaku Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengungkapkan bahwa berbagai masalah lalu tersebut 90 persen diakibatkan oleh manusia. Tak hanya itu saja, kecelakaan yang sering terjadi selalu diawali dari pelanggaran lalu lintas para pengguna jalan raya.

“Para pengguna kendaraan bermotor baik itu roda empat dan roda dua seharusnya bisa siap diri, siap berkendara dan siap mematuhi lalu lintas. Sehingga semua masalah lalu lintas bisa diatasi dan tidak ada yang dirugikan,” tutur Kombes Pol Halim Panggara di Jakarta.

Selain faktor kesalahan para pengguna jalan, tidak berfungsinya infrastruktur, kurangnya disiplin dalam berlalu lintas dan kondisi kendaraan yang tidak baik juga menjadi salah satu faktor pendukung masalah tersebut. Tidak terkecuali salah satu infrastruktur yang telah menjadi bahan pembicaraan di sosial media yaitu trotoar.

“Infrastruktur dibangun dengan baik agar permasalahan lalu lintas tidak timbul, contohnya trotoar. Saat ini saja trotoar tidak berfungsi dengan baik karena dipakai oleh pedagang kaki lima, pangkalan ojek dan banyak motor yang melintas. Wajar saja para pejalan kaki merasa terganggu dan kemacetan selalu ada di mana saja,” jelas AKBP Budiyanto, Kasubdit BinGakum Polda Metro Jaya.

Sedangkan untuk kedisiplinan dalam berkendara menjadi faktor ketiga dalam permasalahan lalu lintas. Penggunaan helm (safety gear) dan mematuhi peraturan lalu lintas menjadi masalah kedisiplinan yang sangat berpengaruh untuk menghindari kecelakaan.

“Pengguna kendaraan bermotor di Indonesia ini sangat tidak disiplin. Mereka hanya disiplin kalau ada petugas kami yang sedang bertugas. Bahkan berhenti di stop line traffic light saja sangat sulit, wajar banyak kecelakaan yang terjadi,” tambah Budiyanto.

Faktor terakhir yaitu kondisi kendaraan yang tidak baik. Di mana masih banyak pengguna jalan raya tidak memperhatikan kondisi kendaraannya sehingga dapat merugikan pengguna jalan lainnya.

Artikel Asli

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s