8 Tips Mengembangkan Bisnis Agar Semakin Besar

Foto Berita 8 Tips Mengembangkan Bisnis Agar Semakin Besar

Bisnis sudah berhasil Anda ciptakan dan jalankan. Namun dalam perjalanan bisnis, Anda bingung akan ke mana bisnis ini dibawa. Apakah hanya akan menjadi bisnis yang begitu-begitu saja ataukah Anda akan membuatnya terus melambung. Semuanya tergantung pada bagaimana cara Anda mengelola bisnis Anda. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis, berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan, menurut BisnisUKM.com.

1. Evaluasi hasil usaha tahun lalu, dan mulai buat rencana bisnis ke depan

Evaluasi kembali hasil usahamu tahun lalu dan mulai susun rencana bisnis ke depan sesuai dengan perubahan tren pasar, jumlah pesaing, kondisi keuangan, dan biaya operasional tahun depan. Buatlah sistem kerja yang lebih baik agar seluruh tim yang Anda libatkan bisa saling membantu membentuk sebuah sistem yang sehat.

2. Jangan ragu untuk mulai mengeluarkan biaya promosi

Meski sampai saat ini ada beberapa media promosi gratisan yang bisa Anda gunakan, tapi di tengah persaingan pasar seperti sekarang ini sudah saatnya gunakan promosi berbayar agar produkmu bisa dipromosikan secara profesional. Ingat, tak ada satu pun produk atau layanan jasa yang bisa menjual dirinya sendiri.

3. Bangun kepercayaan agar konsumen yakin dengan produkmu

Merintis usaha memang mudah, tapi untuk bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan itu cukup susah. Agar bisa tetap bersinar, pastikan usahamu menjadi bisnis yang kredibel sehingga brand produkmu mendapatkan kepercayaan penuh dari konsumen.

4. Meski saat iklan harus terlihat manis, tapi tetaplah beriklan dengan jujur

Meski untuk kebutuhkan iklan Anda harus menunjukkan sisi terbaik dari produk atau jasa yang Anda tawarkan, tapi Ingatlah untuk tetap jujur saat menjual produk atau jasa. Jangan sampai menjanjikan sesuatu yang tidak bisa Anda berikan. Sebab, ketika mereka kecewa dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan maka kepercayaan terhadap brand produkmu akan berkurang.

5. Sampaikan identitas dan jati dirimu sebagai aktor di balik layar bisnismu

Maraknya kasus penipuan, terutama di dunia maya membuat beberapa konsumen sulit percaya untuk melakukan transaksi pembelian. Agar mereka yakin terhadap bisnismu, pastikan bahwa Anda menyampaikan informasi terkait siapa pemilik usaha, lokasi usaha, dan berapa nomor telepon yang bisa dihubungi untuk melakukan transaksi pembelian.

6. Selalu berusaha menepati janji kepada setiap konsumen

Sebagai penjual, tak jarang kita memberikan janji-janji manis kepada calon konsumen agar mereka tak ragu melakukan transaksi pembelian. Cara ini memang dibolehkan selama Anda bisa menepati setiap janji yang Anda sampaikan ke konsumen.

7. Jadilah penjual yang responsif

Setiap konsumen tentu ingin mendapatkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Bahkan semenjak bisnis toko online menjamur, kapan pun dan di mana pun Anda harus siap melayani setiap konsumen yang masuk ke ponselmu. Karena konsumen tidak suka jika harus menunggu balasan yang terlalu lama, bisa-bisa mereka berpaling ke toko sebelah.

8. Lindungi privasi konsumen

Meski Anda mendapatkan data diri konsumen dari setiap transaksi yang mereka lakukan, tapi bukan berarti Anda dapat menyebarluaskan informasi tersebut ke pihak-pihak lain yang tidak berhubungan dengan konsumenmu. Jaga baik-baik privasi konsumen dan pastikan Anda tetap menghormati mereka meski pada akhirnya konsumen tersebut tak jadi melakukan transaksi pembelian di tokomu.

Artikel Asli

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s