Ayo Hemat Bensin Kendaraan Anda dengan Menerapkan Jurus Berikut

Ilustrasi mobil-mobilan dari kayu

Penggunaan bahan bakar atau BBM merupakan kebutuhan yang wajib kita penuhi. Pengguna kendaraan pribadi di negara kita cukup banyak sehingga BBM sepertinya masuk dalam list belanja wajib di setiap bulannya.

Harga BBM juga terkadang naik turun. Harga tersebut tergantung dengan keadaan ekonomi yang masih kurang stabil. Ketika harga BBM menjadi cukup tinggi, tidak ada jalan lain selain mulai berhemat penggunaan bahan bakar pada kendaraan.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya perhatikan betul penggunaan bahan bakar kendaraan tersebut, boros atau tidak?

(Baca: Pakai Gas, Biaya Melaut Nelayan Akan Lebih Hemat)

Jika tidak ingin pengeluaran bertambah besar karena BBM, sebaiknya mulai beralih menggunakan transportasi alternatif lainnya.

Ingat bahwa kebutuhan kita masih banyak dan semaksimal mungkin harus bisa kita penuhi dengan tetap menjalankan hidup hemat.

Walaupun harga BBM cukup tinggi, berikut ini lima cara untuk menghemat biaya bahan bakar tersebut.

1. Jangan Mengemudi Ugal-ugalan

Penggunaan BBM ternyata bisa diukur dari cara mengemudi. Jika Anda menjalankan kendaraan dengan ngebut, bahkan cenderung ugal-ugalan di jalan, bahan bakar akan cepat habis.

Sebaiknya, kemudikan kendaraan dengan tidak mengebut dan sesuai peraturan lalu lintas. Selain kita lebih aman, pengeluaran BBM juga bisa lebih hemat.

2. Pilih BBM dengan Kualitas Mumpuni

Pengeluaran bahan bakar juga bisa lebih hemat jika kita memilih BBM yang berkualitas tinggi. Karena, saat kita lebih memilih menggunakan bahan bakar berkualitas rendah, penggunaan bensin akan lebih boros.

3. Sebisa Mungkin, Matikan Mesin Mobil saat Berhenti Lama

Jika Anda sedang berkendara dan ingin berhenti untuk beberapa menit, sebaiknya matikan mesin kendaraan. Hal ini juga akan menghemat bahan bakar.

Begitupula saat ingin memanaskan mesin mobil sebelum digunakan, jangan terlalu lama. Jika indikator mesin sudah menunjukan status panas, berarti ritual memanaskan mesin sudah cukup.

4. Mengisi Bahan Bakar saat Pagi Hari

Jika ingin mengisi bahan bakar di waktu yang tepat, lakukan saat pagi hari. Biasanya, SPBU memiliki tangki untuk menyimpan bahan bakar di bawah tanah area tersebut.

Kabarnya, jika tanahnya dingin, bahan bakar akan semakin kental dan padat. Sebaliknya, Saat siang hari yang panas, bahan bakar cenderung akan memuai dan kapasitasnya bisa lebih sedikit.

5. Hindari Mengisi Bensin saat Tangki Hampir Kosong

Cara hemat yang terakhir dan tidak kalah penting adalah mengisi bahan bakar saat tangki setengah penuh.

Teorinya, semakin penuh tangki bahan bakar kendaraan, maka udara di tangki semakin sedikit. Bahan bakar tidak akan mudah memuai jika ruang udaranya sempit. Bahan bakar yang kita gunakan akan lebih hemat.

Artikel Asli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s