7 Mobil Cina Penjiplak Merek Ternama

Penjiplakan pada pasar Cina adalah konsumsi sehari-hari. Banyak benda ditiru manufaktur Cina, dengan kemiripan beragam, ada yang hanya sekian persen sampai hampir seratus persen. Objek seperti pakaian, perangkat elektronik, aksesori dan banyak lagi lainnya, termasuk otomotif. Ya, Cina punya banyak produk motor dan mobil yang meniru merek besar. Dirangkum dari pewartaan situs Autocar UK, ini tujuh mobil yang menjiplak merek ternama dunia.

1. Lifan 320

Lifan 320

Dari wujudnya bisa diterka langsung kalau city car bermesin 1.3 liter ini mengambil inspirasi dari Mini. Menurut Autocar, Lifan 320 mendapat facelift pada 2013 dan berubah haluan dari mirip Mini menjadi mirip Fiat 500.

2.  Landwind X7

Copy of Evoque

Mobil ini meluncur pada 2014 dan mengagetkan banyak orang karena kemiripannya dengan Range Rover Evoque. Bahkan, saking terkesimanya, Land Rover sampai mengambil tindakan. Tapi pihak berwajib Cina memutuskan Landwind X7 tidak menjiplak dan akhirnya berhasil dipasarkan.

3. Changan X70A

Changan X70A

Mobil ini juga mirip salah satu keluarga Land Rover. Tepatnya model Discovery 4. Meski wajahnya sedikit berbeda, profil bagian lain kendaraan bak pinang dibelah dua dengan Discovery 4. Padahal Land Rover Discovery sendiri sudah pensiun dari produksi. Mungkin juga itu jadi alasan Changan meniru Disco 4.

4. Youxia Ranger X

Youxia Ranger X

Kalau mobil ini menjiplak dari Tesla Model S, baik eksterior sampai jeroannya. Tapi manufakturnya tak main-main karena Youxia Ranger X diklaim bisa berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam dalam 5,6 detik saja. Daya baterainya pun diklaim berjarak tempuh 460 km. Youxia sendiri dalam bahasa Inggris berarti Knight Rider, karena mobil elektrik ini punya lampu LED seperti milik Kitt, nama mobil dalam serial TV Knight Rider.

5. Yogomo 330

Jiplakan Kia Picanto

Manufaktur Korea, Kia juga kena jiplak. Yogomo 330 sangat mirip dengan Kia Picanto. Unik karena biasanya yang dijiplak mobil lebih besar dan lebih populer. Perhatikan saja dalam foto, bahkan sampai wajahnya punya kemiripan dengan mobil mungil Picanto.

6. Geely Merrie 300

C-Class ala Geely

Geely termasuk yang ikut trend menjiplak. Merrie 300 punya wajah kembar dengan Mercedes-Benz C-Class model lampu kacang. Sampai emblem yang tertanam pada kap mesin mengikuti pabrikan Mercedes-Benz. Untungnya bagian buritan dikatakan tidak mirip dengan Mercedes-Benz.

7. Zotye SR9

Zotye SR9 Copy of POrsche Macan

Satu lagi yang menjiplak SUV ternama benua Eropa. Zotye SR9 punya kemiripan luar biasa dengan Porsche Macan. Sampai warna bodinya diikuti. Zotye SR9 menggendong mesin 4-silinder 2.0 liter turbocharger milik pabrikan Mitsubishi. Tenaganya 187 hp dan torsi 250 Nm.

Itu tadi tujuh mobil Cina yang menjiplak dari merek ternama dunia. Sebetulnya masih banyak lagi mobil yang menjiplak di pasar Cina, meski tak mirip sampai 100 persen. Tapi dengan perbedaan sedikit saja, menurut hukum setempat, tidak bisa dituduh sebagai tindakan penjiplakan. Makanya jangan kaget kalau berkunjung ke Cina dan menemukan Bentley tapi memakai logo lain. (TOM/IDN)

Artikel Asli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s