Tanpa Facelift, BMW Siapkan X5 Generasi Baru Untuk 2018

BMW melakukan langkah drastis untuk SUV X5. Biasanya, dalam satu generasi mobil, ada beberapa kali penyegaran atau facelift. Namun kali ini, mereka memilih segera memperkenalkan generasi terkini X5, dan melewatkan fase facelift.

Model X5 yang ada sekarang diperkenalkan 2013 lalu. Lazimnya, perlu waktu delapan tahun bagi sebuah pabrikan mobil untuk keluar dengan generasi terbaru. BMW X5 terbaru, bakal diperkenalkan pada musim panas 2018, dan mulai dijual saat musim gugur. Mengusung kode G05, penampakannya sudah terlihat melalui foto spyshot yang beredar di dunia maya.

X5 2018

Perubahan terlihat jelas di sekujur tubuhnya, terutama penampakan kidney grille yang besar dan tegak di bagian muka. Posturnya lebih merunduk dan lebar ketimbang sebelumnya. Sepintas, tampilan mobil ini lebih sporty.

Secara desain, jika dilihat dari tubuhnya yang terbalut kamuflase, X5 G05 punya tarikan garis bodi yang lebih tegas. Atapnya lebih melandai di bagian belakang, dengan pintu bagasi yang lebih berlekuk. Lampu depan memiliki desain baru, lengkap dengan DRL.

BMW X5 G05 dibangun menggunakan platform anyar buatan BMW Group yang bernama CLAR. Sebuah platform modular, digadang mampu mereduksi bobot kendaraan yang menggunakannya. Hal ini berkat penggunaan material ringan seperti CFRP (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan alumunium. Dengan penggunaan platform yang ringan, BMW menginginkan X5 untuk punya pengendalian yang jauh lebih baik, dan tentunya berimbas juga ke penghematan BBM.

BMW siapkan X5 generasi baru

Untuk variannya ada X5 xDrive40i, sDrive40i, dan xDrive50i. X5 dengan akhiran 40i, diperkirakan menggunakan mesin V6 3,0 liter terbaru. Tidak benar-benar baru, memang, tapi revisi terhadap mesin ini sangat intensif, sehingga BMW menyebutnya mesin baru. Mobil ini juga tersedia dalam varian bermesin diesel xDrive30d, yang jadi varian paling murah. X5 diesel tersedia di beberapa pasar dunia, Indonesia mungkin salah satunya. Namun untuk pasar Eropa, BMW sepertinya ragu untuk mengedepankan varian ini.

Dengan kehadiran X5 generasi terbaru, BMW menghentikan produksi BMW X5 yang ada sekarang pada bulan Juli 2018. Produksi G05 dimulai tidak lama sesudahnya. Seperti biasa, X5 selalu dibuat di Spartanburg, Amerika Serikat.

Artikel Asli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s