Avanza dkk Bekas Bergejolak karena Xpander

Mitsubishi Xpander terekam kamera sedang diuji di Thailand.
Kehadiran Mitsubishi Xpander di tengah industri otomotif nasional menjadi ancaman bagi penguasa segmen low MPV (Multi Purpose Vehicle), yakni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bekas alias second-hand. Sejumlah showroom mobil bekas di bilangan Pondok Bambu, Jakarta Timur turut merasakan dampak dari kehadiran produk tersebut.
“Kalau dibilang berpengaruh, iya, seperti kelasnya Avanza, (Xpander) lumayan mukul pasar juga,” kata Tian dari showroom mobil bekas Aditya Motor kepada KompasOtomotif, Kamis (16/11/2017).
Ia menjelaskan, peminat Avanza-Xenia cukup tinggi sebelum adanya kabar kemunculan Xpander. Dalam satu hari, pasti ada saja calon pelanggan yang menanyakan mobil tersebut. “Biasanya lebih dari 2 atau 3, ada saja yang nanya Avanza. Tapi akhir-akhir ini enggak ada,” kata Tian.
Mitsubishi Xpander Ultimate AT
Mitsubishi Xpander Ultimate AT(AFH)
Begitu pun ketika pihaknya mengiklankan mobil tersebut di media sosial. Jika beberapa waktu sebelum kemunculan Xpander bisa 200 hingga 300 viewer, tapi belakangan menurun drastis.
Sementara itu, Bimo dari showroom mobil bekas Duta Motor menilai, banyak calon pelanggannya yang penasaran dengan Xpander. Oleh karena itu, tren peminat Avanza-Xenia mengalami penurunan.
Ia menjelaskan, sebelumnya dalam satu hari bisa terdapat 10 permintaan mobil Avanza-Xenia. “Sekarang paling 5-7 saja yang nanya-nanya,” ujarnya.
Sementara itu, senior manager sentra mobil bekas WTC Mangga Dua, Herijanto Kosasih menilai wajar jika ada tren penurunan minat masyarakat terhadap Avanza dan Xenia. Khususnya, untuk mobil yang diproduksi pada 2014 dan setelahnya. Sebab, selisih harga mobil bekas kedua jenis ini tidak terpaut jauh dengan Xpander yang masih baru.
Seperti diketahui bahwa Mitsubishi membanderol Xpander mulai Rp 189 jutaan hingga Rp 246 jutaan untuk tipe tertinggi. “Untuk Avanza-Xenia tahun 2014 harga bekasnya Rp150 jutaan. Kalau tahunnya (produksinya) makin muda, maka harga jualnya juga makin mahal,” kata dia saat dihubungi.
Namun, lanjut Herijanto, untuk Avanza-Xenia yang dikeluarkan sebelum tahun 2014 peminatnya masih cukup banyak. Sebab selisih harganya terpaut jauh jika disandingkan dengan Xpander. “Avanza-Xenia tahun 2014 ke bawah, marketnya masih besar,” kata dia.

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s