Mengapa Toyota Rush Baru Masih Berpenggerak Roda Belakang?

Mengapa Toyota Rush Baru Masih Berpenggerak Roda Belakang?

Foto: Toyota-Astra Motor

Seperti sudah saya ceritakan pada artikel sebelumnya, salah satu fakta penting pada Toyota Rush baru adalah bagaimana ia masih menggunakan konsep penggerak roda belakang (rear wheel drive, RWD).

Ketika melihat tren ada saat ini, apa dilakukan Toyota tampak seperti kuno. Ketika hampir semua pabrikan hadir dengan konsep mobil berpenggerak roda depan (front wheel drive, FWD), Rush malah seperti menantang arus dan menghadirkan SUV RWD.

Patut dicatat bahwa Rush (dan Terios) -lah satu-satunya SUV medium di rentang harga Rp 250 – 300 jutaan yang menggunakan layout RWD.

Baca Juga: Listing Mobil Baru KKB Paling Keren di bulan Maret 2018!

Untuk menjawabnya, mari sedikit menyegarkan ingatan kita akan apa itu RWD dan FWD. Sejarah RWD bisa dibilang sama tuanya dengan perjalanan mobil itu sendiri, Pada RWD, tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui as kopel yang tersambung dengan gardan. Sementara pada FWD, seluruh sistem penggerak mobil baik as roda dan transmisi ditempatkan di depan.

Fakta bahwa terjadi pembagian tugas antara roda dan belakang, dimana depan untuk membelok dan belakang sebagai penggerak, sejatinya memberikan kerja roda depan menjadi sedikit lebih ringan. Tak ada komponen mekanis bergerak disitu, sehingga apabila roda depan menghantam lubang atau speed trap, tidak akan ada energi benturan yang “merambat” dari roda depan, menuju komponen penggerak.

Ilustrasi rear wheel drive (RWD)

Inilah mengapa mobil RWD memiliki kaki-kaki lebih tangguh dan tidak rusak secepat FWD.

Sisi negatifnya, keberadaan as kopel dan gardan membutuhkan ruang ekstra pada konstruksi mobil. Jika Anda memperhatikan, terdapat jendolan terowongan as kopel tepat di tengah kabin. Dimana, terowongan ini takkan Anda temukan pada FWD. Lantai mobil pun dapat diposisikan serendah mungkin guna memaksimalkan volume kabin.

Penyaluran tenaga ke roda belakang pun memberikan ekses negatif berupa efisiensi yang lebih rendah. Ada sekian persen tenaga yang tidak tersalur ke roda, “lenyap” di tengah jalan. Inilah membuat pada umumnya, mobil FWD unggul dari sisi efisiensi bahan bakar.

Foto: Toyota-Astra Motor

Kembali ke topik utama, kenapa Rush masih memilih RWD? Tak lain ini demi mengakomodasi kebutuhan konsumen Rush yang tidak melulu berdomisili di kota besar.

“All New Rush hadir melalui riset dan survei mendalam. Saya membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk tinggal di Indonesia, demi mencari tahu mobil apa dibutuhkan dan diinginkan konsumen Indonesia,” kata Eiji Fujibayashi, chief engineer Rush seperti diikuti dari rilis pers PT Toyota-Astra Motor (23/11).

Fakta bahwa pangsa pasar Rush masih tinggi di luar Pulau Jawa pun menjadi pendorong tetap digunakannya konsep RWD. Bayangkan Anda tinggal di luar daerah dan mesti berhadapan dengan jalan penuh lubang dan bergelombang. Menggunakan SUV FWD, jelas mencari penyakit karena Anda pasti akan dibebani dengan lebih tingginya frekuensi kerusakan kaki-kaki.

Foto: Toyota-Astra Motor

Mungkin, ketika seluruh proyek infrastruktur digagas Presiden Joko Widodo telah tuntas, konsumen tidak lagi butuh SUV medium RWD. Pada saat itulah Toyota tentu akan beradaptasi dan mengikuti tren SUV berpenggerak roda depan.

All New Rush sendiri baru saja diluncurkan hari ini (23/11), hadir dengan wajah baru, desain modern dan bodi lebih besar. Mesin kini menggunakan unit 1.500cc dual VVT-i seperti dipakai Avanza Veloz dan Sienta.

Juga hadir dengan fitur keselamatan super-lengkap. Mulai dari enam airbag, ABS, Hill Start Assist Control (HAS) dan Vehicle Stability Control (VSC).

Harga jual belum diumumkan, namun disebutkan hanya naik Rp 3 jutaan dari Rush sebelumnya.

 

 

Artikel Asli

 

==========================================================

Informasi Lowongan Pekerjaan sebagai Marketing KKB BCA:

Klik disini ==> CMO KKB BCA di JAKARTA PUSAT

 

Konsultasikan pembelian Mobil impian Anda bersama konsultan profesional

Klik kami disini !

 

1200x630bb

click, finger, one icon

Jika Anda berminat untuk di follow up lebih lanjut oleh tim marketing kami.

Dalam waktu maksimal 3 x 24 Jam, Tim kami akan menghubungi Anda.

Silahkan klik Tombol dibawah ini

images

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs Kredit Keren Banget.
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan terbaik. Bila berkenan like Fanspage Facebook Kredit Keren Banget

KKB Regional X
WTC Mangga Dua
Lt. 3 (Di atas KCP BCA Mangga Dua)

Jl. Mangga Dua Raya, RW.5, Mangga Dua Sel., Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730, Indonesia
021-6126962
Hari Kerja: Senin – Jumat
Jam 9 Pagi s/d 5 Sore

WhatsApp Image 2018-03-16 at 14.23.34

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

4 tanggapan untuk “Mengapa Toyota Rush Baru Masih Berpenggerak Roda Belakang?”

  1. Itulah mengapa saya memilih rush, berdasarkan pengalaman saja kl penumpang penuh memakai mobil dgn penggerak roda depan dan kondisi jalan jelek dan menanjak sungguh tersiksa

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s