Perlukah Memanaskan Mobil Setiap Hari? Ini Jawabannya

Perlukah Memanaskan Mobil Setiap Hari? Ini Jawabannya

Boleh memanaskan mobil di pagi hari atau sebelum digunakan, tapi tidak perlu lama karena mobil sekarang sudah mengusung teknologi Electronic Control Unit (ECU). (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

DEPOK, iNews.id – Hampir semua pemilik mobil di Indonesia memiliki kebiasaan yang sama, memanaskan kendaraan di pagi hari atau sebelum dipergunakan. Memang tidak ada salahnya jika Anda melakukan hal tersebut. Tapi ini bukan suatu keharusan, karena pada dasarnya mobil-mobil zaman sekarang sudah menggunakan teknologi tinggi.

“Boleh memanaskan mobil di pagi hari atau sebelum digunakan, tapi tidak perlu lama karena mobil sekarang sudah mengusung teknologi Electronic Control Unit (ECU). ECU merupakan sistem yang mengatur kebutuhan bahan bakar dan udara untuk proses pembakaran agar lebih optimal. Sehingga memanaskan mobil untuk mencapai suhu optimal pembakaran mesin mobil tidak lagi terlalu dibutuhkan,” ujar Simon Maruli, kepala mekanik Ramanda Autocar, saat berbincang dengan iNews.id di kawasan Margonda, Depok.

Meski demikian, lanjut dia, bukan berarti memanaskan mobil benar-benar tidak dibutuhkan. “Idealnya, jika mobil lama tidak digunakan (misalkan 6 jam atau lebih), biasanya semalaman dan akan digunakan pada pagi hari, maka memanaskan mobil cukup dilakukan selama kurang lebih 1 menit saja,” jelasnya.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan terkait kebiasaan memanaskan mesin mobil adalah keberadaan pelumas mesin. Konon, setelah lama tidak digunakan maka oli pelumas akan turun dan tidak lagi melapisi komponen dalam mesin. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena pelumas sekarang mampu bertahan dan ‘mengikat’ pada komponen mesin saat mobil tidak digunakan.

“Waktu 1 menit sudah cukup untuk memancing kembali pelumas bekerja dengan optimal. Syaratnya, Anda harus menggunakan pelumas mobil yang sesuai dengan ketentuan dari pabrikan kendaraan,” jelas Simon.

Setelah dirasa cukup, maka kendaraan siap untuk digunakan. Namun di awal, jalan saja secara perlahan. Misalkan untuk keluar dari garasi rumah dan keluar dari komplek. Melalui cara ini, mesin mobil akan lebih stabil.

“Saat mobil berjalan, sesekali tekan pedal gas cukup dalam (dalam kondisi kopling diinjak) untuk menggeber mesin agar kotoran dan kerak yang terdapat dalam mesin bisa keluar dan terbuang melalui knalpot. Tidak perlu terlalu sering, mungkin hanya sesekali dalam seminggu saja,” ungkapnya.

Dia mengingatkan, saat memanaskan mobil pastikan dilakukan di ruang terbuka. “Namun bila memarkir mobil dalam garasi, saat akan memanaskan mobil bukalah pintu garasi dengan lebar agar udara bebas keluar masuk,” paparnya.

Dia menerangkan, saat memanaskan mesin mobil, emisi gas buang yang keluar dari knalpot akan menjadi polusi dan racun yang bertebaran di udara. “Jika Anda memanaskan mobil dalam garasi tertutup sangat dikhawatirkan polusi justru akan masuk ke dalam rumah Anda. Ini tidak baik untuk kesehatan,” tandas Simon.

================================================================

Konsultasikan pembelian Mobil impian Anda bersama konsultan profesional

Klik kami disini , Like + Komentar + Share ya!

click, finger, one icon

Jika Anda berminat untuk di follow up lebih lanjut oleh tim marketing kami.

Dalam waktu maksimal 3 x 24 Jam, Tim kami akan menghubungi Anda.

Silahkan klik Tombol dibawah ini

images

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs Kredit Keren Banget.
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan terbaik. Bila berkenan like Fanspage Facebook Kredit Keren Banget

KKB Regional X
WTC Mangga Dua
Lt. 3 (Di atas KCP BCA Mangga Dua)

Jl. Mangga Dua Raya, RW.5, Mangga Dua Sel., Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730, Indonesia
021-6126962
Hari Kerja: Senin – Jumat
Jam 9 Pagi s/d 5 Sore

WhatsApp Image 2018-02-12 at 14.06.22

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s