Polisi: Pengemudi Diperbolehkan Dengarkan Musik Sambil Berkendara, Asal

Ilustrasi

suarasurabaya.net

– Pengemudi mobil masih diperbolehkan mendengarkan musik di dalam mobil asalkan dengan volume yang masih wajar. Tidak dengan volume yang keras sampai menganggu pengendara lain.

Ini disampaikan AKBP Eva Guna Pandia Kasatlantas Polrestabes Surabaya menanggapi pemberitaan yang beredar di masyarakat terkait pengemudi yang mendengarkan musik sambil mengemudi dihukum 3 bulan penjara atau denda Rp750 ribu.

“Mendengarkan musik di dalam mobil tidak masalah dengan catatan pengemudi juga tetap konsentrasi. Karena sedikit saja kita meleng bisa kecelakaan,” kata Pandia pada Radio Suara Surabaya.

Pandia mengatakan, biasanya pengemudi mendengarkan musik agar tidak mengantuk. “Tapi kami lebih sarankan kalau ngantuk minggir saja, cuci muka. Aturannya kan maksimal tiap 4 jam mengemudi, setengah jamnya untuk istirahat,” ujar dia.

Kalau mendengarkan musik, kata dia, tidak ada larangan karena di dalam mobil juga disediakan fasilitas audio. Tapi kalau saat kaca dibuka musiknya terdengar sampai keras ini yang menganggu.

Pandia menjelaskan, dalam pasal 128 UU Lalu Lintas dan Jalan dijelaskan kalau pengemudi dilarang mengemudi sambil menggunakan handphone, mengemudik dibawah pengaruh alkohol dan narkoba maupun melakukan hal-hal yang mengganggu konsentrasi.

“Kadang ada juga pengendara pakai headset, pakai helm ternyata dalamnya ada handphone. Diklakson kan gak dengar,” katanya.

Dalam operasi keselamatan ini, kata dia, kepolisian akan menegur dengan teguran tertulis. “Kita kan budaya timur, kalau sudah ditegur dengan omongan tidak bisa akan kita tilang. Makanya kita imbau marilah kita jaga keselamatan diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.

Sedangkan untuk yang berkendara sambil merokok juga diimbau tidak dilakukan karena abunya bisa membahayakan pengendara motor. Kalau membayakan sekali baru akan diberlakukan tilang.

Sementara itu, Irjen Pol Royke Lumowa Kakorlantas Mabes Polri saat dihubungi suarasurabaya.net mengatakan, tidak ada yang melarang mengemudi sambil mendengarkan radio.

Royke menyatakan, pemberitaan yang beredar di masyarakat terkait larangan mendengarkan musik sambil mengemudi ini salah.

“Yang dilarang itu kalau sambil nyetir nonton tv atau video.” tegasnya.

 

===========================================================

Konsultasikan pembelian Mobil impian Anda bersama konsultan profesional

Klik kami disini !

 

1200x630bb

click, finger, one icon

Jika Anda berminat untuk di follow up lebih lanjut oleh tim marketing kami.

Dalam waktu maksimal 3 x 24 Jam, Tim kami akan menghubungi Anda.

Silahkan klik Tombol dibawah ini

images

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs Kredit Keren Banget.
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan terbaik. Bila berkenan like Fanspage Facebook Kredit Keren Banget

KKB Regional X
WTC Mangga Dua
Lt. 3 (Di atas KCP BCA Mangga Dua)

Jl. Mangga Dua Raya, RW.5, Mangga Dua Sel., Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730, Indonesia
021-6126962
Hari Kerja: Senin – Jumat
Jam 9 Pagi s/d 5 Sore

WhatsApp Image 2018-02-12 at 14.06.22

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s