FIRST TEST | Honda Civic Coupe LX 2016: “Young and Hungry”


Tahukah Anda bahwa Honda Civic berwarna ungu Barney-pada pertengahan tahun ’90-an dapat memuat tujuh orang? Lima orang di dalam kabin, dan dua orang lagi di dalam bagasi!

Saya mengetahui hal ini karena para mahasiswa tak bermobil seperti saya selalu mengundi agar mendapat jatah untuk masuk di bagasi Civic sedan milik teman kami bernama Sara (apa pun dilakukan agar tidak kedinginan saat berjalan kaki ketika musim salju). Rasanya hampir setiap mahasiswa atau alumni akan memiliki cerita yang sama dengan saya tentang Honda Civic – sebuah tradisi yang ada di kampus kami, St. Bonaventure University.

Terdapat alasan baik untuk semua itu di luar reputasi Honda dalam membangun sebuah mobil handal yang aman: Honda mengatakan bahwa sebuah mobil kompak legendaris akan menjadi mobil yang paling populer di kalangan pembeli berusia di bawah 35 tahun. Hal ini dikarenakan konsumen dari kalangan usia muda yang memilih Civic generasi ke-10 dengan tiga model body style dan dua opsi mesin (tidak termasuk Civic Si dan Civic Type R yang akan datang) jauh lebih besar dari satu dekade lalu. Honda Civic Coupe 2016 hanya sebagian kecil dari seluruh line up Honda Civic lainnya.

Civic Coupe mengalami perubahan desain dari model sebelumnya. Modelnya terlihat lebih menyerupai Civic sedan; namun hanya dengan beberapa pintu, berukuran lebih pendek, lebih sporty, lebih rendah dan lebih ramping dibandingkan model sedan. Civic Coupe juga telah mendapatkan peredam yang keras, suspensi yang lebih kokoh, dan stabilizer unik untuk menyatu dengan styling agresifnya.

Seperti juga model sedan, Civic Coupe telah memiliki dua pilihan mesin. LX tester yang kami uji, memiliki mesin standar 2.0-liter I-4 yang menghasilkan tenaga 158 hp dan torsi 187 Nm yang dikawinkan dengan transmisi manual enam kecepatan.

Untuk CVT adalah opsional. Mesin “besar” ini sebenarnya terbilang kecil, 1,5-liter turbocharged. Mesin turbocharged ini adalah yang pertama digunakan pada kendaraan berlabel Honda spek AS sejak era sepeda motor CX500 di awal ‘80-an. Mesin ini menghasilkan daya 174 hp dan torsi maksimum sebesar 220 Nm.

CVT adalah satu-satunya transmisi yang tersedia pada mesin empat-silinder turbo, meskipun nantinya opsi transmisi manual 6-speed akan segera ditambahkan ke jajaran Civic ini.

Meskipun terlihat sporty, Civic Coupe hanya memiliki tenaga hampir setara Civic Sedan turbocharged dengan CVT. Untuk sprint dari 0 sampai 100 km/jam dengan waktu 7,8 detik, dan menggapai seperempat mil dalam waktu 16 detik pada kecepatan 140 km/jam; sedikit berada di belakang Civic sedan dengan waktu 7,2 detik dan 15,5 detik dengan kecepatan  147 km/jam. Untuk  tingkat pengereman dan menikung,  kinerja Civic Coupe terbilang baik untuk segmen ini.

Civic Coupe sudah disiapkan secara matang; tidak seperti pertengahan ‘90-an, yang berukuran agak kecil. Suatu pekerjaan yang layak tergantung dengan para pesaingnya. Scion tC selanjutnya akan dilengkapi transmisi otomatis untuk melakukan tes 0-100 km/jam dalam waktu 7,6 detik, seperempat mil 15,9 detik dengan kisaran 138 km/jam, dan untuk mengitari trek angka delapan dengan waktu 27,5 detik dengan rata-rata koefisien drag 0,63 g.

Saingan tersisa satu-satunya Civic adalah Kia Forte Koup. Versi terakhir yang kami uji adalah sebuah model turbo bertenaga 201hp dengan trasnmisi manual enam-kecepatan dan mampu melakukan berlari dari titik 0-60 dengan waktu 6,8 detik, seperempat mil 15,1 detik dengan kecepatan 150 km jam, dan tes angka delapan dengan waktu 26,4 detik dengan koefisien drag 0,67 g.

Honda adalah sebuah mobil yang paling mudah di temui di jalan-jalan kota dan jalan bebas hambatan. Mobil bertransmisi manual enam-kecepatan yang kami uji mampu mengeluarkan sebagian besar tenaga 158 hp-nya, dengan suara merdu dari empat buah knalpot saat mencapai garis redline yang diinginkan.

Getaran mesin tetap relatif tenang, bahkan ketika putaran mesin hamper mencapai 3.000 rpm pada kecepatan 112 km/jam di jalan bebas hambatan; dan tidak seperti Civic Si generasi sebelumnya yang tidak bisa menahan putaran mesin untuk upshift. Saat perpindahan juga terasa ringan dan halus, meskipun bagian pedal mash terasa kurang besar untuk ukuran kaki.

Mesin 2.0-liter maupun CVT sudah terasa lebih dari cukup untuk sebagian besar konsumen. Namun, Honda mengharapkan mesin 1.5-liter dengan CVT ini akan menjadi tambahan yang menguntungkan bagi para pembeli Civic Coupe.

Untuk ukuran mesin kecil, mesin 1.5-liter ini benar-benar tangguh. Respon dari pedal throttle terbilang cukup baik, dan CVT menjaga tenaga yang dihasilkan oleh turbo kecil di secara aman. Torque converter sangat membantu untuk menghindari putaran mesin untuk menjadi terlalu agresif, membuat Civic ini menjadi lebih mudah berakselerasi saat dikendarai di lalu-lintas yang padat.

Tak peduli apapun mesin maupun transmisinya, Civic Coupe adalah sebuah mobil yang menyenangkan. Meskipun bantingannya masih terasa lembut, saya lebih menyuka karakter suspensi sporty yang ada pada model dua pintu dibandingkan jenis empat pintu; rasanya sedikit keras dan sedikit limbung, meskipun begitu masih terasa pas dan nyaman. Respon balik kemudi terasa sedikit mengecewakan, karena sangat ringan, namun rasa nyaman dari ban depan menjadi suatu hal yang baik untuk Civic Si dan Type R yang sporty.

Secara keseluruhan, mobil ini terasa familiar dengan siapa pun yang berharap lebih dari sebuah Civic. Untuk tingkat efisien, mobil ini memperoleh angka 11.1/16.2/13.2 km/l untuk rating EPA kota/tol /kombinasi dengan transmisi manual (12.8/17.4/14.5 dengan CVT); dan rasanya mobil ini akan ditawarkan lebih mahal dari harga dasar US$ 20.000. Suasana kabin pun terasa luas dengan dipenuhi oleh teknologi yang akan disukai oleh para generasi muda, termasuk fitur semi-otonom di dalamnya.

Civic Coupe adalah sebuah mobil yang akan tumbuh dewasa bersama pengendaranya, sejak masa remaja duduk di dalam bagasi hingga pertama kali mendapat pekerjaan dan seterusnya. Seraya terus berkembangnya keluarga Civic, akan sangat sulit untuk melihat masa depan di mana sebuah Honda mungil yang handal tidak akan menjadi bagian dari kehidupan para generasi muda mendatang.

CONCEPT TO COMMUTER

Tidak terlalu banyak yang hilang dari konsep dasar Civic Coupe. Mobil ini tetap lebih rendah, ramping, dan lebih sporti dari saudaranya yang versi sedan.

Jika Anda tak sependapat dengan saya, Anda akan lebih memilih untuk menanti kehadiran versi baru dari Civic Si dan Type R. Ini akan menjadi yang pertama kalinya dalam sejarah panjang Civic tatkala pasar AS akan mendapatkan dua buah mobil Honda a’la “Fast & Furious”. Kedua Civic model sport ini kehadirannya masih cukup lama, namun saya memiliki kesempatan untuk mencicipi sebuah prototype dari mobil yang nantinya akan mengisi celah antara Civic dan Si: Civic 1.5T sedan bertransmisi manual 6-speed.

Yang akan masuk dalam daftar pilihan di kisaran tahun ini adalah Civic turbocharged bertransmisi manual yang akan menyenangkan hati para penggemar Civic – sambil menanti versi paling hot dari Civic generasi ke 10. Transmisi manual akan memudahkan untuk mengail torsi puncak dibandingkan dengan model sebelumnya.

Honda bermesin 4 silinder turbo akan membuat Anda dapat merasakan torsi maksimum sebesar 220 Nm, yang dapat dikail pada rentang putaran mesin 1.700-5.500 rpm. Rasakan sensasi hentakan torsinya saat Anda melintasi jalanan pedesaan.

Mungkin bukan kabar gembira untuk konsumsi BBM, namun hal ini sangatlah menyenangkan. Transmisi manual akan tetap mempertahankan tradisi Honda dengan perpindahan gigi yang presisi dan ringan. Meskipun saya ragu  untuk menyebut 1.5T bertransmisi manual ini sebagai sebuah model sport, namun nyatanya spek ini membuat Civic menjadi lebih terasa sporty, dan mobil ini akan menjadi penghibur sementara hingga tiba waktunya bagi mobil Honda yang paling keren hadir di pasaran.

Honda Civic LX Coupe 2016: 

  • Harga dasar: $19,500 (est)
  • Harga saat diuji: $19,500 (est)
  • Layout kendaraan: Mesin-depan, FWD, 5-penumpang, 2-pintu kupe
  • Mesin: 2,0L/158hp/187Nm DOHC 16-valve I-4
  • Transmisi: Manual, 6-speed
  • Distribusi berat (D/B): 1.232 kg (62/38%)
  • Jarak sumbu roda: 2.700 mm
  • P x L x T: 4.493 x 1.798 x 1.394 mm
  • Akselerasi, 0-100 km/jam: 7.8 detik
  • Sprint, 400 m: 16.0 detik @ 140 km/jam
  • Pengereman 100-0 km/jam: 36 m
  • Akselerasi lateral: 0.82 g (rata-rata)
  • MT FIGURE EIGHT: 27.6 detik @ 0.60 g (rata-rata)
  • Konsumsi BBM kota/tol/komb: 11.1/16.2/13.2 km/l (estimasi)
  • Konsumsi energi, kota/tol: 130/89 kW-jam/160 km
  • Emisi CO2, komb: 181 g/km

Artikel Asli

 

==========================================================

Konsultasikan pembelian Mobil impian Anda bersama konsultan profesional

Klik kami disini !

 

1200x630bb

click, finger, one icon

Jika Anda berminat untuk di follow up lebih lanjut oleh tim marketing kami.

Dalam waktu maksimal 3 x 24 Jam, Tim kami akan menghubungi Anda.

Silahkan klik Tombol dibawah ini

images

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs Kredit Keren Banget.
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan terbaik. Bila berkenan like Fanspage Facebook Kredit Keren Banget

KKB Regional X
WTC Mangga Dua
Lt. 3 (Di atas KCP BCA Mangga Dua)

Jl. Mangga Dua Raya, RW.5, Mangga Dua Sel., Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730, Indonesia
021-6126962
Hari Kerja: Senin – Jumat
Jam 9 Pagi s/d 5 Sore

WhatsApp Image 2018-03-16 at 14.23.34

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s