Penjualan mobil naik 2,9 persen pada Q1 2018

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil nasional pada kuartal I (Q1) 2018 atau periode Januari-Maret tumbuh 2,9 persen, meningkat 8.160 unit dengan pencapaian 291.912 unit dibanding periode yang sama pada tahun lalu (283.760 unit). Demikian dilansir Katadata.

Namun begitu, kenaikannya masih lebih rendah dibandingkan pertumbuhan antara Q1 2016 dan Q1 2017 yang mencapai 5 persen.

Melambatnya pertumbuhan tersebut, menurut Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiharto, mengikuti tren pertumbuhan ekonomi kuartal pertama 2018 yang masih di bawah 5 persen.

Kini Jongkie berharap pertumbuhan tersebut bisa bertahan hingga akhir tahun agar target penjualan mobil yang dicanangkan Gaikindo bisa tercapai.

“Ini kan sudah naik hampir 3 persen ‘year on year’ dibandingkan tiga bulan pertama tahun lalu. Mudah-mudahan bisa tercapai sampai akhir tahun. Jika sejalan dengan pertumbuhan ekonomi 5,5 persen, total (penjualan) 1,1 juta (unit) bisa tercapai,” kata Jongkie dalam Wartaekonomi.co.id.

Target penjualan 1,1 juta unit tersebut lebih tinggi 2,8 persen dibandingkan total penjualan tahun lalu yang mencapai 1,07 juta unit kendaraan.

Jongkie mengatakan, target itu ditetapkan dengan melihat indikator makro ekonomi yang ada di Indonesia selama 2018. Tahun ini, Gaikindo memprediksi pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,4 persen sesuai dengan APBN.

“Faktor kunci yang menggerakkan pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor, seperti nilai tukar, inflasi, dan jangan lupa automotive financing karena 70 persen penjualan kendaraan bermotor masih di-leasing atau kredit,” paparnya.

Setidaknya tren positif selama 2 tahun terakhir ini diharapkan akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya.

Mengutip data yang dirangkum Kompas.com, penjualan Q1 2018 adalah yang tertinggi dalam empat tahun terakhir, namun masih jauh di bawah pencapaian Q1 2014 (328.500 unit) yang menjadi pencapaian tertinggi dalam 10 tahun terakhir.

Kenaikan selama dua tahun berturut-turut ini juga menjadi sinyal positif kebangkitan industri otomotif Indonesia setelah mengalami masa kelam pada periode 2015-2016, seperti juga di beberapa negara ASEAN lain.

Didorong kendaraan niaga

Laju peningkatan penjualan kendaraan pada tiga bulan pertama 2018 ini didorong oleh larisnya jenis kendaraan niaga. Truk niaga dengan beban lebih dari 24 ton mencetak penjualan tertinggi, yaitu 6.935 unit, atau tumbuh 68 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Jongkie mengatakan, peningkatan itu terkait dengan pembangunan infrastruktur di beberapa wilayah membuat kebutuhan kendaraan truk untuk angkutan material meningkat.

“Infrastruktur di mana-mana, ada jembatan, pelabuhan, bandara, otomatis tipe 4×2 ikut naik, sedan juga naik,” jelas Jongkie.

Kontras dengan pertumbuhan kendaraan niaga, Gaikindo mencatat justru total penjualan kendaraan niaga bus hanya mencapai 908 unit sepanjang Q1 2018. Turun 20,7 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu dengan catatan penjualan 1.145 unit.

Soal siapa segmen terlaris pada periode Q1, tentunya masih didominasi jenis kendaraan penumpang Low MPV (multi purpose vehicle). Boleh jadi, inilah segmen mobil tergemuk saat ini.

Kehadiran jagoan baru Mitsubishi, yakni Xpander, seperti ditulis Metrotvnews.com, turut mendongkrak penjualan segmen ini. Bahkan produk satu ini langsung menggusur sang penguasa pasar mobil nasional Toyota Avanza yang berstatus mobil terlaris selama beberapa tahun terakhir.

Jika diakumulasi, penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) Xpander pada Q1 mencapai 21.972 unit, unggul 559 unit dari Avanza yang mencapai 21.413 unit.

Namun begitu, masih banyak konsumen yang mencari Avanza dalam kondisi bekas. Setidaknya Carmudi.id (h/t Tempo.co) mencatat bahwa masih banyak konsumen yang mencari “mobil sejuta umat” itu.

Secara umum, Toyota memang sedang mengalami penurunan. Bisnis.com menulis, penjualan wholesales mereka pada Q1 tahun ini turun 21,17 persen, dari 107.180 unit pada Q1 2017 menjadi 84.494 unit.

Sumber Artikel

==========================================================

Informasi Lowongan Pekerjaan sebagai Marketing KKB BCA:

Klik disini ==> CMO KKB BCA di JAKARTA PUSAT

 

Konsultasikan pembelian Mobil impian Anda bersama konsultan profesional

Klik kami disini !

 

1200x630bb

click, finger, one icon

Jika Anda berminat untuk di follow up lebih lanjut oleh tim marketing kami.

Dalam waktu maksimal 3 x 24 Jam, Tim kami akan menghubungi Anda.

Silahkan klik Tombol dibawah ini

images

Terima kasih atas kunjungan Anda pada situs Kredit Keren Banget.
Kami sangat menghargai komentar atau saran Anda agar kami dapat memberikan pelayanan terbaik. Bila berkenan like Fanspage Facebook Kredit Keren Banget

KKB Regional X
WTC Mangga Dua
Lt. 3 (Di atas KCP BCA Mangga Dua)

Jl. Mangga Dua Raya, RW.5, Mangga Dua Sel., Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730, Indonesia
021-6126962
Hari Kerja: Senin – Jumat
Jam 9 Pagi s/d 5 Sore

WhatsApp Image 2018-03-16 at 14.23.34

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s