Mari Kenali Perbedaan Jenis Mobil: SUV, MPV, Hatchback, dan Coupe

Mobil yang beredar di masyarakat memiliki sebutan beragam berdasarkan fungsinya, di antaranya MPV, SUV, Hatchback, dan Coupe.

Mobil yang dijual di pasaran memiliki jenis dan fungsi berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pabrik atau perusahaan biasanya juga membuat mobil dengan spesifikasi tertentu berdasarkan target pasar. Saat ini, mobil yang beredar di masyarakat memiliki sebutan beragam berdasarkan fungsinya, di antaranya MPV, SUV, Hatchback, dan Coupe.

  • MPV atau Multi-Purpose Vehicle

MPV sering juga disebut minivan atau mobil penumpang. Merek pertama yang memperkenalkan MPV (yang kala itu belum disebut MPV) adalah Volkswagen Type 2 yang juga disebut Hippie Van tahun 1960-an. Kendaraan inilah yang kemudian menginspirasi mobil-mobil MVP modern, yaitu memiliki tiga baris kursi, dan moncong mobil panjang.

Mobil MVP ini adalah mobil yang didesain untuk membawa banyak orang dan tetap nyaman. Penumpang yang berada di dalam mobil berkisar antara 5 hingga 7 dan masih ada sisa ruang untuk bagasi barang. Mobil MVP juga lebih tinggi agar ruang gerak lebih leluasa.

MVP yang cukup populer di Indonesia tersedia dalam berbagai ukuran. MVP yang cukup besar (muat hingga 7 orang) misalnya Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza. Sedangkan, MVP yang berukuran kecil seperti Datsun Go+, Daihatsu Sigra.

  • SUV atau Sports Utility Vehicle

SUV adalah kendaraan yang mirip dengan station wagon. Berbodi besar dan memiliki performa lebih tangguh daripada MPV. SUV didesain untuk jalanan off-road maupun jalanan perkotaan. Model orisinil SUV dapat ditelusur sejak mobil Jeep dan Landover dari Perang Dunia II. SUV komersil pertama yang dipasarkan adalah Jeep Cherokee.

Meskipun berbodi garang, SUV jarang digunakan untuk berkendara di area berlumpur atau sejenisnya, justru banyak pengguna yang tinggal di kota. SUV memiliki mesin yang kuat sehingga kurang cocok untuk pengguna yang memprioritaskan efisiensi bahan bakar.

Seperti halnya MVP, SUV memiliki berbagai jenis ukuran. Mulai dari mini SUV seperti Jeep Wrangler, compact SUV seperti BMW X3, mid-size SUV seperti Toyota C-HR, dan full-size SUV seperti Mitsubishi Pajero.

  • Hatchback

Mobil hatchback adalah mobil berukuran kecil dengan pintu depan, pintu penumpang, dan pintu bagian belakang untuk bagasi yang dapat dibuka ke atas, sebagaimana dijelaskan Carkeys. Hatchback pertama kali diperkenalkan pada 1960-an, yaiti Renault R16 pada 1965.

Ketenaran mobil ini kemudian menginspirasi Volkswagen memproduksi Passat pada 1973, dan perusahaan lainnya. Hatchback didesain untuk membawa penumpang dan barang, sehingga ruang interior cukup nyaman dan luas, dengan kapasitas 4-5 orang beserta bagian belakang kursi penumpang untuk bagasi.

Mobil jenis hatchback yang terkenal di Indonesia, seperti Mercedes A-Class, Honda Brio, Volkswagen Golf, Suzuki Swift, dan Toyota Yaris.

  • Coupe

Mobil jenis coupe, Automoblog melansir, adalah mobil yang umumnya memiliki 2 pintu dengan muatan kursi penumpang hanya 2. Mobil sport yang hanya bisa diduduki dua orang termasuk dalam jenis mobil ini. Beberapa mobil coupe juga didesain 2+2 untuk kursi penumpang. Coupe memiliki ruang internal sempit dan bodi mobil pendek sehingga penumpang di dalamnya terbatas bergerak.

Desain mobil coupe umumnya memiliki moncong panjang dan bagian belakang untuk menaruh barang-barang. Mobil coupe dua pintu (dengan susunan kursi 2+2) misalnya Ferrari 612 Scaglietti, Mercedes CL-Class, dan Mazda RX-8.

Sumber

KREDIT KEREN BANGET bc

Mau bertanya tentang Seputar KKB BCA? Tanyakan ke personal kami dengan klik: http://bit.ly/2Z6JpBo atau DM langsung!

Form Pengajuan KKB BCA: http://bit.ly/2PfnHHJ – Tim kami akan segera merespon

Trik dan Tips beli mobil: http://bit.ly/2z2fawD

Terima kasih

Salam Kredit Keren Banget – https://kreditkerenbanget.org/

#solusikkb #solusibca #kreditmobil #kreditmobilbca #belimobil #belimobilbaru #kkbbca #bca #newcar #kreditkerenbanget #kkb #mobilbaru #viakkbbca #mobilseken #mobilsecond #mobilbekas #mobkas #danatunai #jaminanbpkb #kreditbca #kpm #kreditkendaraanbermotor #mobilkeluarga #goodlifebca #bankcentralasia #bankbca

 

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s