Alasan Harus ‘Test Drive’ Sebelum Beli Mobil

Beli barang ratusan juta rupiah seperti mobil tak disarankan cuma sekadar pilih-pilih di internet. Salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum memilih mobil, baru ataupun bekas, yaitu uji berkendara atau lebih beken disebut test drive.

Mobil bisa jadi terlihat sempurna melalui foto-foto di situs resmi atau media sosial, iklan di mana-mana juga mungkin bikin produk terlihat hebat, ditambah lagi pemberitaan juga punya opini subjektif yang belum tentu sesuai saat dicoba langsung oleh calon pembeli.

Tujuan test drive yaitu untuk merasakan langsung mobil yang jadi incaran, terutama bila pilihannya lebih dari satu. Penting buat calon pembeli mencoba mengendarai mobil agar punya opini pribadi, sekaligus membandingkannya sendiri dengan pendapat orang lain.

Perlu diingat, mobil yang sudah dibeli bakal jadi teman selama bertahun-tahun, jadi penting mengetahui kelebihan dan memahami kekurangannya.

Berikut tips test drive sebelum beli mobil yang dibuat edmunds.com:

Riset

Sebelum test drive, calon pembeli disarankan riset lebih dulu dan mengerucutkan pilihan menjadi dua atau tiga unit. Buat jadwal test drive masing-masing berdekatan biar impresinya tidak hilang terlalu lama.

Buat Janji

Salah satu lokasi pasti mendapatkan unit test drive yakni di dealer resmi, namun mesti diingat calon konsumen mereka banyak. Janjian dengan pihak dealer memastikan ketersediaan unit.

Bikin janji lebih dulu juga memungkinkan pihak dealer menyiapkan wiraniaga yang menemani, unit dalam kondisi siap pakai, dan juga menentukan lokasi test drive.

Cek Kondisi Mobil

Jangan terburu-buru langsung melakukan test drive, sebelum sampai ke tahap itu ada beberapa hal yang mesti diperiksa. Pemeriksaan bisa dilakukan dari hal mudah, misalnya memastikan warna bodi sebab bagian ini belum tentu serupa dengan foto atau video.

Selain itu, tanyakan soal dimensi kendaraan dan cocokkan dengan kondisi garasi atau lebar jalan di sekitar rumah. Cek juga fitur pengait tempat duduk bayi, ini penting bila mobil ingin digunakan untuk perjalanan keluarga.

Sebelum mulai mengemudi, habiskan sedikit waktu memahami kemudahan naik-turun ke kabin, kenyamanan posisi duduk dan mengemudi sekaligus kemudahan cara mengaturnya, visibilitas, keringkasan menjangkau tombol-tombol termasuk pedal gas dan rem, serta cek indikator yang tersedia.

Test Drive

Wiraniaga biasanya sudah menyiapkan rute test drive, namun ada baiknya calon pembeli meminta rute yang termasuk tanjakan, turunan, jalan rusak, dan jalan sepi. Hal ini bertujuan agar fitur-fitur yang ditawarkan bisa dicoba langsung.

Saat memegang kemudi pastikan mengevaluasi soal akselerasi, mesin dan bising roda, pengereman, kendali setir, dan suspensi. Wiraniaga yang menemani mesti dimanfaatkan dengan baik, jangan ragu-ragu mengajukan pertanyaan tentang hal yang belum dimengerti.

Minta penjelasan singkat dan sederhana tentang fitur yang tidak dimengerti, hindari pembahasan satu topik selama test drive.

Disarankan calon pembeli tetap tenang dan terus fokus mempelajari walau sudah memutuskan membeli mobil yang lagi diuji. Sesampainya di dealer, konfirmasi dan pelajari kembali hal-hal yang dirasakan selama test drive sebab terkadang hal kecil bakal sangat mengganggu kemudian.

Setelah test drive ada kalanya wiraniaga terkesan memaksa melakukan transaksi, namun perlu diingat Anda tidak punya kewajiban melakukan pembelian mobil usai test drive. Ungkapkan alasan rasional mengapa Anda masih butuh waktu sebelum memutuskan membeli.

Lokasi

Pilihan lokasi test drive tidak melulu di dealer. Salah satu contoh lokasi selain dealer yaitu pameran seperti Indonesia International Auto Show atau Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), keduanya menyediakan berbagai macam merek dan model yang bisa dites langsung bergantian di satu tempat.

Bukan cuma itu, Agen Pemegang Merek juga kerap bekerja sama dengan perusahaan dealer menggelar acara test drive tersendiri yang bisa dimanfaatkan calon pembeli. Untungnya buat konsumen acara seperti ini biasanya diiringi promo dan bonus menarik bahkan diskon pembelian.

Contohnya, merek asal China, Wuling, lagi menggelar program test drive berhadiah sembilan unit mobil di seluruh dealer resmi yang akan diundi pada periode September – Februari 2020. Selain itu Mazda juga sedang membuat acara test drive mobil-mobil baru selama 23-24 November di kawasan SCBD.

Sumber

refinancing

Mau bertanya tentang Seputar KKB BCA? Tanyakan ke personal kami dengan klik: http://bit.ly/2Z6JpBo atau DM langsung!

Form Pengajuan KKB BCA: http://bit.ly/2PfnHHJ – Tim kami akan segera merespon

Trik dan Tips beli mobil: http://bit.ly/2z2fawD

Terima kasih

Salam Kredit Keren Banget – https://kreditkerenbanget.org/

#solusikkb #solusibca #kreditmobil #kreditmobilbca #belimobil #belimobilbaru #kkbbca #bca #newcar #kreditkerenbanget #kkb #mobilbaru #viakkbbca #mobilseken #mobilsecond #mobilbekas #mobkas #danatunai #jaminanbpkb #kreditbca #kpm #kreditkendaraanbermotor #mobilkeluarga #goodlifebca #bankcentralasia #bankbca

 

 

Penulis: Bung Cahyo

Simple Man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s